Cara Investasi Reksadana Dengan Aplikasi Bibit

Cara Investasi Reksadana Dengan Aplikasi Bibit - Bibit adalah aplikasi smartphone yang memudahkan kita untuk melakukan investasi reksadana. Walaupun tergolong modern dan memiliki banyak fitur yang memudahkan, ternyata masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara pakai aplikasi Bibit.



Artikel ditulis dengan harapan bisa menjawab ketidaktahuan tersebut sehingga kita bisa mulai investasi dengan menggunakan aplikasi Bibit. Saat terbaik memulai investasi adalah sekarang. Setelah Anda memiliki aplikasi Bibit, sekarang saatnya untuk langsung mulai berinvestasi dengan mudah.

Tidak butuh nominal yang besar dan prosesnya juga cepat. Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum memulai investasi reksadana di Bibit adalah mendaftar. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Bibit

Aplikasi Bibit dapat diunduh dari Playstore untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Selain itu, kita juga bisa menggunakan browser, Bibit Web.

2. Isi Kuisioner Singkat

Langkah pertama yang harus Anda lakukan setelah klik tombol “Registrasi” berwarna hijau kemudian mengisi kuisioner singkat, seperti tanggal lahir, penghasilan, dan lain-lain. Gunanya apa? Kuisioner ini membantu.

Bibit melalui Robo Advisor-nya untuk mengetahui tujuan investasi dan profil resiko Anda. Apakah Anda adalah investor konservatif alias tidak mau rugi. Apakah Anda adalah investor agresif yang mementingkan keuntungan walaupun beresiko, atau mungkin Anda adalah investor moderat yang seimbang. Jadi, isi kuisioner sesuai keadaan Anda ya.

3. Isi Nomer Handphone dan Referral

Setelah Anda mengisi kuisioner dan mengetahui profil resiko Anda, langkah selanjutnya adalah mengisi nomer handphone dan kode referral. Gunakan kode referall Bibit (zpf08ue) atau di http://bit.ly/bibitreferral1 untuk mendapatkan cashback Rp25.000, lumayan kan baru mulai sudah mendapatkan uang.

4. Lengkapi Data Diri

Langkah selanjutnya adalah melengkapi data diri sesuai KTP dan juga menambahkan alamat email. Setelah itu, Anda akan diminta untuk meng-upload foto KTP serta foto selfie dengan KTP. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di tempat yang sudah disediakan.

5. Setup Pin dan Verifikasi Email

Selesai upload foto KTP, Anda akan diminta mengisi pin untuk mengamankan transaksimu di Bibit. Lalu setelah itu Anda harus melakukan verifikasi email.

6. Tunggu Proses Registrasi

Data yang Anda masukkan pada proses registrasi ini akan diverifikasi oleh tim Bibit dan KSEI. Proses ini memakan waktu kurang lebih 1×24 jam. Tinggal tunggu deh.

Cara Pakai Aplikasi Bibit untuk Membeli Reksadana

Hore, Anda sudah menyelesaikan proses registrasi dan sekarang waktunya mulai investasi. Selamat datang investor. Di aplikasi Bibit, Anda bisa membeli reksadana melalui dua cara. Pertama, Anda bisa membeli reksadana berdasarkan rekomendasi Robo Advisor, inget kan pernah isi kuisioner saat pendaftaran?

Robo Advisor akan mengalokasikan jumlah pembelian reksadana secara otomatis ke reksadana pasar uang, pendapatan tetap, dan saham sesuai dengan profil resiko Anda. Kedua, Anda bisa secara manual menyusun portofolio Anda, misal Anda cuma mau beli reksadana pasar uang saja.

Membeli Reksadana dari Robo Advisor

  • ·         Klik “Investasi Sekarang” pada bagian Rekomendasi Robo Anda
  • ·         Tentukan nominal beli dan jangan lupa gunakan saldo cashback Anda
  • ·         Centang pada bagian syarat dan ketentuan
  • ·         Pilih metode pembayaran dan tunggu reksadana masuk ke portofolio Anda

Membeli Reksadana Manual

  • ·         Klik icon pencarian di pojok kanan atas dari aplikasi Bibit Anda, Anda akan dibawa ke halaman explore reksadana
  • ·         Pilih tipe reksadana yang mau Anda beli, apakah itu pasar uang, obligasi, saham, index fund, dan lain-lain
  • ·         Pilih reksadana yang mau Anda beli, sebagai contoh di sini kita memilih Eatspring Syariah Fixed Income A (disclaimer : bukan rekomendasi)
  • ·         Tinggal klik “Beli” dan lanjutkan proses pembelian seperti sebelumnya

Cara Pakai Aplikasi Bibit untuk Menjual Reksadana

  • ·         Klik “Lihat Portofolio” dari halaman home Bibit Anda
  • ·         Pilih dari portofolio mana Anda mau menjual reksadana
  • ·         Pilih reksadana yang mau Anda jual dan klik tombol “Jual”
  • ·         Tentukan jumlah unit yang ingin Anda jual
  • ·         Masukkan pin keamanan Anda
  • ·         Tinggal duduk manis menunggu hasil penjualan masuk rekening Anda

Itu dia cara pakai aplikasi Bibit untuk berinvestasi reksadana. Mari mulai mengenal dan melakukan investasi sedini mungkin. Mengubah uang menjadi aset pintar yang bisa bekerja saat kita terlelap.

Keuntungan Investasi Reksa Dana dengan Bibit

Berinvestasi itu unik. Karena setiap orang memiliki profil dan tujuan investasi yang berbeda-beda.   Orang berusia 30 tahun dan sudah menikah pasti memiliki profil dan tujuan investasi yang berbeda dengan temannya yang berusia 25 tahun dan masih single. Begitu juga dengan Anda.  Aplikasi Bibit hadir untuk membantu Anda merancang portofolio investasi yang ideal secara otomatis. Berikut keuntungan yang Anda dapat saat membeli reksadana di aplikasi Bibit:

1. Pilihan Reksa Dana Terbaik

Reksa Dana Pasar Uang. Reksa Dana Obligasi. Reksa Dana Saham. Reksa Dana Campuran. Seringkali membuat kita bingung untuk pilih yang mana. Aplikasi Bibit membantu Anda untuk memilih Reksa Dana terbaik sesuai dengan tujuan investasi dan profil resiko Anda. 

2. Gratis Biaya Komisi

Kami menyadari salah satu hal yang membuat banyak orang malas berinvestasi adalah karena banyaknya fee terselubung yang harus dibayar oleh investor. Berbeda dengan Bibit, biaya untuk berinvestasi di bibit adalah Rp 0 alias GRATIS. Semua investasi reksa dana di Bibit gratis biaya akun, komisi dan biaya transaksi.

3. Tidak Kena Pajak

Berbeda dengan investasi properti dan emas, keuntungan dari reksa dana bukan merupakan objek pajak. Sudah gratis biaya transaksi, keuntungan dari investasi tidak kena pajak lagi. 

4. Pembukaan Rekening Tanpa Ribet

Pembukaan rekening dilakukan secara digital dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit. Tanpa formulir dan tanpa ribet. 

5. Cairkan Dana Investasi Kapan Saja

Tiba-tiba butuh untuk mencairkan dana investasi karena ada kebutuhan mendadak? Tenang, Anda bisa mencairkan dana investasi Anda kapanpun dengan cepat. 

6. Mulai Investasi Cuma Butuh 10 Ribu Rupiah

Salah satu hambatan untuk berinvestasi adalah pandangan bahwa investasi itu membutuhkan modal yang besar. Tapi, dengan Bibit Anda cuma butuh 10 ribu untuk mulai berinvestasi. Kami percaya kunci dari investasi adalah soal konsistensi untuk rutin menyisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulannya, bukan persoalan harus memiliki modal yang besar diawal.

7. Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Bibit sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Anda bisa lihat bukti legalitas Bibit di website resmi OJK. 

Bibit dirancang khusus untuk membantu Anda memulai investasi terlepas dari umur, penghasilan, tujuan investasi, tingkat pemahaman terkait investasi. Karena kami percaya semua orang punya kesempatan yang sama untuk bisa berinvestasi dengan mudah.

Sudah tidak ada lagi alasan untuk menunda investasi kan? Aplikasi Bibit sudah tersedia di Playstore dan Appstore. Download aplikasi Bibit sekarang dan mulai bangun portofolio investasi yang Anda banget. Semoga dengan adanya artikel kali ini, bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Investasi Reksadana Dengan Aplikasi Bibit"

Posting Komentar